22 Puskesmas di Tana Toraja Sudah Terakreditasi

Puskesmas Makale Salah Satu Puskesmas di Tana Toraja Yang Sudah Terakreditasi

Tana Toraja, oketoraja.com- UPT Puskesmas di lingkup Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja tengah menjalani re-akreditasi dari instansi berwenang.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja, dr. Rudhy Andi Lolo mengatakan re-akreditasi adalah hal yang mutlak agar puskesmas mendapat pengakuan mutu dan pelayanan yang baik.

"Akreditasi Puskesmas ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien," kata dr. Rudhy Andi Lolo di Makale, Kamis, 2 November 2023.

dr. Rudhy mengatakan pasca reakreditasi tahun 2023 sebanyak 22 PKM di Tana Toraja sudah terakreditasi sebagai salah satu fasilitas layanan kesehatan tingkat pertama. Jika pasien tidak mampu dilayani PKM maka pasien perlu dirujuk ke Rumah Sakit (RS) fasilitas layanan kesehatan lebih lengkap.

"PKM terakreditasi menjamin perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan  manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan Puskemas. Karena itu diperlukan penilaian dari pihak berwenang sesuai standar ditetapkan melalui mekanisme akreditasi," ujarnya

Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, mutu, serta penerapan manajemen risiko.

"Tentu saja akreditasi bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi, melainkan perbaikan pelayanan tidak beresiko akepada pasien," tutup Rudy 

Penulis: Onix