BMKG Toraja Luncurkan Produk Prakiraan Cuaca Pariwisata



Toraja, oketoraja.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas IV Pongtiku, kabupaten Tana Toraja terus melakukan inovasi teknologi dan layanan untuk mendukung berbagai sektor dalam rangka menjaga keselamatan masyarakat dan keberhasilan  pembangunan nasional.

Salah satu inovasi yang dilakukan BMKG
Stasiun Meteorologi Kelas IV Pongtiku adalah mempersiapkan informasi cuaca bagi masyarakat dan wisatawan yang akan mengunjungi objek-objek wisata di Tana Toraja.

"BMKG Toraja saat ini mengeluarkan produk baru yaitu info grafis prakiraan cuaca pariwisata wilayah Toraja," ujar  Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Pongtiku Tana Toraja Indah Fitrianti di Makale, Kamis(10/9/2020).

Indah mengatakan keunggulan dari produk info grafis itu diantaranya lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat. Tampilan infografis yang lebih menarik serta berisikan informasi yang bermanfaat untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Toraja. Diantaranya, objek wisata Burake, objek wisata Pango-pango dan objek wisata Lemo serta objek wisata lainnya.

Selain itu, keberadaan bandara Toraja atau Toraja Airport juga perlu didukung dengan  pelayanan informasi cuaca penerbangan sesuai ketentuan keselamatan penerbangan.

"Diharapkan, informasi cuaca pariwisata ini bermanfaat bagi masyarakat maupun wisatawan yang ingin berlibur ke objek wisata di Toraja. Mereka sejak awal bisa mengetahui bagaimana kondisi cuaca di objek wisata yang akan dikunjunginya," ujar Indah.