FKUB Tana Toraja Deklarasikan Pilkada Tanpa Politisasi Sara dan Politik Uang

Deklarasi Pilkada Damai FKUB Tana Toraja (Ist)
OkeToraja.com, Makale - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Tana Toraja gelar Deklarasi Pilkada Damai Tana Toraja 2020, yang di langsungkan di gedung DPSW III Makale, Kel. Bombongan Kec. Makale, Kab. Tana Toraja. Sabtu 12 September 2020.

Kegiatan yang mendukung komitmen mewujudkan Pilkada Damai Tana Toraja 2020 ini di hadiri oleh berbagai elemen / stakeholder Tana Toraja, antara lain :

1. Bawaslu Kab. Tator, diwakili oleh Komisioner Berthy Paluangan.
2. FKUB Kab. Tator, Pdt. Yohanis Letris, S.Th, M.Th
3. Anggota GPDI Kab. Tator
4. Tokoh Agama Hindu/Aluktodolo Kab. Tator.
5. P.D. Muhammadiyah Kab. Tator.
6. Anggota Jemaat Gereja Toraja.

FKUB pada kegiatan ini menitik beratkan pada semangat Pilkada Tanpa Politisasi Agama, dan Pilkada Tanpa Menjadikan Tempat Ibadah Sebagai Sarana Berkampanye, Pilkada Tanpa Politisasi Sara dan Politik Uang.

"Kami dari Jajaran Polres Tana Toraja mengapresiasi dan sangat menghargai Deklarasi yang di gagas oleh FKUB Tana Toraja, tujuannya seiring sejalan dengan kami, mewujudkan Pilkada Tana Toraja 2020 yang aman damai dan sejuk , dan kami berharap deklarasi tersebut menjadi momentum positif terjaganya agama dan tempat ibadah dari berbagai bentuk bentuk politisasi yang bermuara pada kepentingan Pilkada". Harap Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM saat di mintai pendapatnya terkait kegiatan Deklarasi Pilkada Damai yang di gelar oleh FKUB Tana Toraja.

Kegiatan Deklarasi yang di mulai pada pukul 10.10 wita, di isi dengan susunan acara , sebagai berikut :

a. Doa
b. Pembukaan dari Ketua FKUB Kab. Tana Toraja.
c. Materi dari :
-  Kapolres Tana Toraja yang di wakili oleh Ipda. Arlinansius Allolayuk.
- Ketua Bawaslu Yang di Wakili Berthy Paluangan.
- Dandim 1414 Tator yang diwakili  Kasdim Mayor Infantri Buttu Selfinus.
d. Diskusi dan Tanya Jawab
e. Penandatanganan Komitmen Bersama Pilkada Aman, Damai dan Sejuk Kab. Tana Toraja.

Sementara itu, apresiasi juga datang dari KPU Tana Toraja, melalui Komisioner KPU Tator, Elis Bua Mangesa.

"Atas nama KPU Tana Toraja, kami mengucapkan terimah kasih dengan adanya kegiatan deklarasi Pilkada Damai yang di laksanakan oleh FKUB, kami pun turut berharap, semoga pilkada yang  kedepan ini selalu aman, ada kedamaian dan ketentraman tentunya ". Ucap Elis Bua Mangesa.

"Apalagi di tengah pandemi covid-19,  kami juga menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, mari dukung kami mewujudkan Pilkada Yang Sehat dengan disiplin pada 3M, menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan". Sambung Elis.

Apresiasi juga di layangkan oleh Bawaslu Tana Toraja melalui pernyataan Serni Pindan, SP.d, Ketua Bawaslu Tana Toraja.

Srikandi Pilkada ini berujar , " Untuk menghasilkan Pilkada 2020 yang berintegritas dan bermartabat adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat, sehingga langkah FKUB hari ini berkomitmen untuk mendeklarasikan Tolak politasasi SARA dan Politik Uang, Bawaslu sangat apresiasi. Harapan kami bahwa tdk cukup sampai pada saat deklarasi tetapi diimplementasikan diwilayah kerja masing sampai ke desa/kelurahan, RT/RW ".

Sumber : Humas Polres Tana Toraja