PT Malea Energy Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Musibah Tanah Bergerak di Lembang Rano Tengah

 

Pimpinan PT Malea Energy sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Tana Toraja, Victor Datuan Batara menyerahkan bantuan beras kepada warga terdampak musibah tanah bergerak di Lembang Rano Tengah

TANATORAJA, oketoraja.com- PT Malea Energy bergerak cepat merespon musibah bencana tanah bergerak di lembang Rano Tengah. 

Peduli dengan musibah bencana tanah bergerak di Lembang Rano Tengah, Pimpinan PT Malea Energi sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar kabupaten Tana Toraja, Victor Datuan Batara langsung meninjau lokasi bencana serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak musibah tanah bergerak di Dusun Kayangan, Saruran, Tanete Lembang Rano Tengah, Kecamatan  Rano, Kabupaten Tana Toraja, Rabu, 16/2/2022.

"Saya baru saja pulang dari lokasi musibah tanah bergerak di Lembang Rano Tengah untuk memonitor perkembangan  di lokasi dan membantu warga yang terdampak musibah," ujar Victor Datuan Batara yang juga akrab disapa VDB.

Victor Datuan Batara meninjau lokasi rumah warga yang terdampak musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah

Dia mengatakan akibat musibah tanah bergerak itu, sedikitnya tujuh kepala keluarga (KK) atau sekitar 35 jiwa warga lembang Rano Tengah harus direlokasi. Menyusul rumah yang mereka tinggali terancam ambruk akibat tanah di sekitarnya terus bergerak. PT Malea Energy pun bergerak cepat memberikan bantuan darurat berupa beras kepada warga yang terdampak musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah. 

"PT Malea Energy turut merasakan penderitaan masyarakat yang menjadi korban musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah," jelas VDB.

Musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah, kata VDB, juga menyebabkan akses jalan utama yang menghubungkan lembang Rano tengah dengan lembang Rano kecamatan Rano terputus. Kondisi jalan putus tersebut

tersebut juga berdampak kepada warga yang hendak melintas. Warga terpaksa menggunakan jalan setapat serta memutar arah yang jaraknya cukup jauh karena kendaraan tidak bisa melintas.  Agar akses jalan penghubung lembang Rano Tengah dengan lembang Rano bisa kembali dilalui, harus dibuatkan jalan baru

"Prihatin dengan kondisi jalan putus di lembang Rano tengah, PT Malea Energy pun akan membnatu membuatkan jalan baru. Paling tidak kami (PT Malea Energy) akan buatkan jalan darurat dulu,” kata VDB.

Di sela-sela kunjungannya di lokasi musibah tanah bergerak, VDB juga berbincang-bincang dengan masyarakat setempat. 

"Masyarakat yang terdampak musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah sangat mengharapkan dukungan pemerintah daerah dalam hal ini BPBD,  Dinas Sosial untuk membantu warga yang terdampak. Serta dinas PUPR agar segera membuatkan jalan alternatif," ujar Ketua DPD Partai Golkar Tana Toraja itu.

Jalan penghubung antara Lembang Rano Tengah dengan Lembang Rano terputus akibat musibah tanah bergerak

Kepedulian seorang Victor Datuan Batara terhadap warga Toraja yang terkena musibah bukan hanya kali ini saja. Saat bencana gempa bumi di Palu Sulawesi Tengah, Victor Datuan Batara memimpin langsung penyerahan bantuan kepada warga Toraja yang terdampak musibah gempa bumi Palu.

Begitu juga saat kerusahan Wamena tahun 2019, Victor Datuan Batara  mengunjungi langsung pengungsi warga Toraja di Tongkonan Jayapura. 

Selain itu, Victor Datuan Batara juga punya kepedulian dengan warga Toraja, korban banjir bandang di kabupaten Luwu Utara tahun 2020 lalu. Victor Datuan Batara  didampingi Tim Relawan mengantar langsung bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang Luwu Utara. (*)