BPBD Tana Toraja Peringatai Hari Kesiapsiagaan Bencana

 

TANATORAJA, oketoraja.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tana Toraja memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022. 

Peringatatan HKB di Tana Toraja yang dipusatkan di gedung Tammuan Mali' tahun ini ditandai dengan membunyikan sirene tepat pukul 10.00 Wita, Selasa(26/4/2022)

"Peringatan HKB yang diselenggarakan tiap tahun bukan hanya sekedar perayaan seremonial saja. Tetapi, untuk lebih meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan menghadapi bencana," ujar Kepala BPBD Tana Toraja, Christian Batara Sakkung.

Dia menekankan kesiapsiagaan perlu dibangun sejak dini mulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Kesiapan dalam menghadapi bencana akan menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tana Toraja, Semuel T Bura dalam sambutannya di peringatan HKB Tana Toraja 2022 mengatakan saat ini ada dua jenis bencana yang  berpotensi dihadapi di Tana Toraja. Yakni bencana alam seperti longsor, banjir dan kebakaran. Sementara bencana non alam yakni pandemi Covid-19 yang masih dalam penanganan. 

Semuel mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi meminimalisir korban baik benda maupun nyawa manusia.

"Upaya penanggulangan bencana bukanlah kerja sendiri, melainkan tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Usai peringatan HKB dilanjutkan dengan kegiatan penebangan pohon rawan tumbang di sejumlah ruas jalan dalam kota Makale. Penebangan pohon rawan tumbang itu guna mengantisipasi potensi pohon tumbang.

Dikhawatirkan, jika terjadi hujan disertai angin kencang, pohon itu rawan tumbang dan berpotensi membahayakan pengguna jalan yang melintas. (Alex)