Miris! Plafon Gedung Kantor Gabungan Dinas-dinas Memprihatinkan

 

Kondisi plafon lantai 2 gedung kantor gabungan dinas-dinas di sebelah utara kantor bupati

TANATORAJA, oketoraja.com- Kemegahan gedung kantor gabungan dinas-dinas yang berada di sebelah selatan kantor bupati Tana Toraja nampak memprihatinkan jika di lihat dari jarak dekat.

Sejumlah plafon di lantai dua terlihat mengalami kerusakan yang cukup parah.
Ironisnya, kerusakan tersebut sudah terjadi beberapa tahun lalu, namun hingga kini belum ada upaya perbaikan dari pemerintah daerah.

Padahal, di lantai dua gedung kantor gabungan dinas-dinas tersebut terdapat sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD). Diantaranya, Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Kesbangpol dan Dinas Ketahanan Pangan.

Kerusakan plafon gedung kantor gabungan dinas itu mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Diantaranya, Lembaga Pilar Rakyat Indonesia Toraja.

"Seharusnya, pemkab Tana Toraja menganggarkan perbaikan rehabilitasi plafon gedung kantor gabungan dinas-dinas yang berada di sebelah selatan kantor bupati. Kalau dari luar, gedung memang terlihat mewah," ujar Ketua LPRI Toraja Rasyid Mappadang.

Dikhawatirkan, kata Rasyid, jika kerusakan tersebut terus dibiarkan akan mengancam keselamatan aparatur sipil negara (ASN) dan warga jika melintas di bawah plafon yang rusak. Tidak menutup kemungkinan, sewaktu-waktu plafon akan jatuh ke bawah karena rapuh.

Menurutnya, jika alasan pemerintah daerah karena keterbatasan anggaran, itu bukan menjadi alasan. Buktinya, dalam situasi pandemi Covid-19 ini pembangunan lain banyak yang dibangun menghabiskan anggaran miliaran.

"Itu artinya pemerintah masih punya uang," tutup Rasyid. (Alex)