Sekretaris Dinas Pendidikan Tana Toraja Wakili Bupati Membuka Muskab IV APSI Tana Toraja

 

TANATORAJA, oketoraja.com- Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Tana Toraja, Andarias Lebang mewakili Bupati Tana Toraja membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (Apsi) kabupaten Tana Toraja di Aula Kantor Kementrian Agama kabupaten Tana Toraja, Sabtu, 28 Mei 2022.

Muskab IV APSI kabupaten Tana Toraja itu dihadiri Ketua APSI Provinsi Sulawesi Selatan, Muliono Caco, Ketua APSI Kabupaten Tana Toraja, Kepala Kantor Kementrian Agama kabupaten Tana Toraja, Para Pengawas TK, SD, SMP dan SMA/SMK se kabupaten Tana Toraja serta undangan.

Mewakili Bupati, Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Tana Toraja, Andarias Lebang dalam sambutannya mengatakan dirinya merasa terharu dan senang bertatap muka dengan para pengawas sekolah dari semua jenjang se kabupaten Tana Toraja. Apalagi pengawas sekolah adalah salah satu pendidik dan tenaga pendidikan yang diberikan tanggungjawab terhadap pendidikan di sekolah.

Dikatakan Andarias, pengawas sekolah mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan professional guru dan mutu pendidikan, karena penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

Disamping itu, pengawas Sekolah yang melakukan pembinaan pada guru harus mempunyai kompetensi Karena saat ini pengawas Sekolah dituntut harus memiliki kualifikasi yang memadai dalam menjalankan tugas. Pengawas Sekolah harus selalu berada di posisi sentral menjadi penanggung jawab pendidikan di Kabupaten bersama Bupati, Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru,

"APSI sebagai mitra kerja pemerintah daerah lebih berperan aktif dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan," ujarnya.

Diakhir sambutannya, Andarias mengatakan Pada pengurus APSI yang nantinya akan terpilih kami berharap kiranya terus berupaya dan berkomitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan, sehingga kualitas tenaga pendidik yang ada di wilayah ini semakin baik dan lebih professional sesuai dengan tema pada hari ini "Mewujudkan Pengawas Sekolah Yang Professional, Cerdas, Bermanfaat dan Sejahtera".

"Selamat bermusyawarah. Semoga APSI Kabupaten Tana Toraja ke depan semakin sukses dalam setiap langkah dan jalan dalam melaksanakan tugas-tugas kepengawasan dan

bisa bersinergi dengan semua stakeholder di bidang pendidikan khususnya dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag di Kabupaten Tana Toraja," tutup Andarias. (Alex)