Gubernur Sulawesi Selatan Hadiri Peringatan HUT Toraja Utara Ke-14

 

TORAJAUTARA,oketoraja.com- Sambutan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-14 Kabupaten Toraja Utara, Kamis (4/8/2022) di Lapangan Bakti Rantepao, banyak hal yang disampaikan kepada Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

 Itu, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dalam mendorong kemajuan pembangunan di Toraja Utara untuk kesejahteraan masyarakat.

 Mengawali sambutannya, Yohanis Bassang mengatakan bahwa dirinya merasa bangga atas kehadiran Gubernur Sulawesi Selatan dalam acara puncak HUT ke 14 Toraja Utara, sembari menyampaikan ucapan terimaksih atas bantuan dari Pemprov Sulsel sebesar Rp20 M untuk membiayai 4 ruas jalan provinsi di Toraja Utara.

 Selain itu, Yohanis Bassang juga memohon kepada Gubernur Andi Sudirman  Sulaiman agar sekiranya dapat memperhatikan dan melanjutkannya kembali pembangunan ruas jalan Sa’dan-Batusitanduk dan poros jalan Tikala-Pangala. Yohanis Bassang berharap pula agar Pemprov Sulsel kembali melanjutkan tender untuk rencana pembangunan Jembatan Kembar Malangngo.

 Yohanis sebut, sebab masyarakat Toraja Utara lagi sayang sama Gubernur Sulsel, maka pihaknya mohon anggaran untuk pembangunan Jembatan Kembar Malango. Dan katanya, sampai saat ini sudah dalam proses akhir terkait penilaian dan perhitungan jumlah  pembayaran tanah pada lokasi rencana pembangunan jembatan kembar.

 Juga Yohanis Bassang  sampaikan tentang aset pemprov yang ada di lokasi Arts Center Rantepao agar diibahkan, sebab akan dibanguni alun-alun kota yang dapat menjadi icon Toraja Utara.

 “Syarat menjadi kabupaten sehat dan layak anak yaitu memiliki alun-alaun kota untuk tempat anak bermain,” kata Bupati ke Gubernur Sulsel.

 Dikesempatan itu, Yohanis Bassang menyampaikan pesan harapan masyarakat Toraja Utara sekaligus sebagai permintaan kepada Pemprov Sulsel, yakni agar dapat dibantu pada16 lokasi peningkatan jalan dan 3 pembangunan jembatan.

 Diakhir sambutannya, Bupati Bassang menyebutkan bahwa masyarakat Toraja Utara tetap penuh harap untuk perhatian dan kasih sayang dari Gubernur Sulawesi Selatan, dan apa yang sudah dikerjakan Gubernur Sulsel di Toraja Utara pasti dikenang.

 “Kehadiran Bapak Gubernur di Toraja Utara semoga menjadi berkat bagi kita semua, dan mari penuh kasih dan pengabdian untuk masyarakat,” tutup Bupati.  Acara HUT ke 14 ini diisi dengan acara defile dari OPD dan Kecamatan, drumband dan ibadah, kemudian dilanjutkan atraksi budaya penyambutan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman bersama rombongannya dari  Pemerintah Provinsi Sulsel.

 Acara ditutup dengan penyerahan bantuan pembangunan gapura perbatasan Tana Toraja dan Toraja utara sebesar Rp388 juta, pemberian santunan ahli waris, serta ditutup ataraksi budaya Si’ Semba’ asal Baruppu, musik bambu dan paduan suara.

 Hadir para tamu undangan yakni Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Walikota Parepare, H. Pangerang Rahim, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Wabup Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, Asisten I Sekprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, jajaran Kepala OPD Sekprov Sulsel yang sempat hadir, Direktur Utama Bank Sulselbar, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar, John Rende Mangontan dan Fraksi Demokrat, Jufri Sambara, jajaran Forkopimda dan Anggota DPRD Toraja Utara, serta tamu undangan. (Alex)