Relokasi Pedagang Pasar Sore Rantepao Aman dan Humanis

TORAJA UTARA, oketoraja.com- Meski sempat ada penolakan dari pedagang, relokasi pedagang di pasar sore kecamatan Rantepao kabupaten Toraja Utara berlangsung tertib dan humanis, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Pantauan di lokasi, Wakil Bupati Toraja UtaraFrederik V Palimbong turun langsung memantau jalannya relokasi Pasar Sore. Relokasi Pasar Sore Rantepao lebih menitikberatkan upaya persuasif, dialogis dan komunikatif pada para pedagang dan pihak pengelolah Pasar Sore.

Semua unsur termasuk TNI/Polri dan Satpol PP melakukan pendekatan persuasif dan humanis kepada pedagang.

Upaya tersebut pun membuahkan hasil. Proses relokasi pedagang Sore Rantepao berjalan tertib, aman dan lancar. Pedagang Pasar Sore secara penuh kesadaran dan sukarela untuk melakukan pemindahan ke lokasi baru. Malah, para pedagang dengan senang hati dan sukarela membongkar sendiri bangunan lapak. 

Personil Kodim 1414 Tana Toraja, Polres Toraja Utara dan Satpol PP Toraja Utara yang diterjunkan untuk memback up pengamanan relokasi pasar Sore turut membantu mengangkut barang jualannya.

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Toraja Utara menyediakan armada truk untuk mengangkut barang dagangan pedagang pasar sore di tempat yang sudah disediakan pemerintah yakni di Pasar Pagi jalan A. Mapanyuki, Malango, Rantepao dan Pasar Bolu kecamatan Tallung Lipu, Toraja Utara. (Alex)