800 Penyanyi Ramaikan Toraja Highland Internasional Choir Festival II

Tana Toraja, oketoraja.com- Sekira 800 penyanyi mengikuti Toraja Highland Internasional Choir Festival (THICF2) yang berlangsung 5-8 September 2023.


Ratusan penyanyi itu tergabung dalam beberapa kelompok paduan suara dari seluruh daerah di Tanah Air.


"THICF tahun 2023 ini adalah yang kedua kalinya. THICF I pernah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. THICF kali ini diikuti sekitar 800 penyanyi yang tergabung dalam beberapa padua suara," ujar Presiden THICF, Aris Michael saat acara pembukaan THICF ke-2 di gedung Tammuan Mali, Makale kabupaten Tana Toraja, Selasa(5/9/2023).


Dia mengatakan awal diselenggarakannya THICF ke-1 tahun 2019 lalu bertujuan mempromosikan pariwisata Toraja serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lewat paduan suara.


"Semoga peserta THICF dapat membantu mempromosikan pariwisata Toraja," ujar Aris.


Pembukaan THICF ke-2 juga dihadiri Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Jhon R Mangontan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tana Toraja, Erick Crystal Ranteallo, Mantan Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pdt. Musa Salusu dan sejumlah tamu undangan lainnya.


Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi semua peserta THICF ke-2.


"Atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Tana Toraja kami ucapkan selamat datang di Toraja dan selamat berkompetisi di ajang THICF ke-2 di Tana Toraja," kata Welem yang juga calon DPR RI dapil III Sulsel Partai Golkar nomor urut 7. 


Diketahui, juri yang akan memberikan penilaian berjumlah lima orang berasal dari dalam dan luar negeri yang punya pengalaman dan kompetensi di bidangnya. Yakni, Ken Steven (Indonesia), Budi Susanto Yohanes (Indonesia), Sonia Nadya Simanjuntak (Indonesia), Ivan Johan (Belgia) dan Prof. Dr. Masashi Kishimoto (Jepang). (Onix)