Jusuf Kalla: Program Penghijauan Salah Satu Fokus Utama PT Malea Energy

Tana Toraja, oketoraja.com- Wakil Presiden Republik Indonesia dua periode, yang juga pemilik perusahaan pembangkit listrik PT Malea Energi (PLTA Malea), Jusuf Kalla berkunjung ke lokasi PLTA Malea di kecamatan Makale Selatan, Sabtu (16/9/2023).


Dalam kunjungannya ini, Jusuf Kalla berkeliling melihat langsung pembangkit listrik berkapasitas 2×45 Megawatt yang diresmikan Presiden Jokowi awal tahun 2022 lalu sekaligus melihat progres pembangunan unit pembangkit listrik yang sedang dalam proses yang berkapasitas 3×75 Megawatt.


Selanjutnya, Jusuf Kalla memimpin rapat interen bersama Pimpinan dan Manajemen PT Malea Energy yang digelar di Power House (PH) PT Malea Energy.


Usai rapat, Jusuf Kalla kepada wartawan mengatakan kunjungan ini dalam rangka melihat perkembangan progres pembangunan PLTA Malea.


Ditanya mengenai program penghijauan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Sa'dan dalam area lokasi PLTA Malea, Jusuf Kalla mengaku menjadi salah satu fokus perhatian perusahaan.


"Penghijauan salah satu fokus perhatian perusahaan. Selain melindungi ekosistem lingkungan juga menjaga agar debit air tetap stabil," ujar Jusuf Kalla.


Pihaknya, lanjut Jusuf Kalla, sudah menyiapkan bibit yang akan ditanam di sepanjang aliran sungai Sa'dan. 


"Bibit sudah siap. Kita tunggu sampai musim hujan baru bibit ditanam. Kalau sekarang ditanam, bibit kemungkinan besar akan mati karena saat ini musim kemarau panjang," ujar Jusuf Kalla.


Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara yang mendampingi Jusuf Kalla selama berkunjung ke PLTA Malea mengatakan PT Malea Energy sudah melaksanakan program penghijauan secara bertahap dan berkelanjutan.


Bukan hanya di area perusahaan tetapi juga di lokasi lainnya serta melibatkan masyarakat. Untuk jenis tanaman akan disesuiakan dengan kebutuhan.


"Program penghijauan sudah berjalan dan dilakukan secara bertahap. Setiap ada stok, bibit langsung kami tanam. Kita juga bagi-bagikan bibit ke masyarakat dan sekolah," kata Victor.

Penulis : Joni Lembang