Pengamat Politik: Victor Datuan Batara Jika Berpasangan Dengan Hansten Allorerung Bakal Jadi Kandidat Kuat di Pilkada Tana Toraja 2024

Victor Datuan Batara bersama Hansten Allorerung

Tana Toraja, oketoraja- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Tana Toraja kian memanas. 

Bahkan, beberapa figur secara terang-terangan sudah menyatakan diri siap maju sebagai calon bupati di pilkada Tana Toraja.

Salah satu kandidat itu, yakni, Victor Datuan Batara yang kini menjabat Ketua Partai Golkar kabupaten Tana Toraja. Victor Datuan Batara juga saat ini merupakan Pimpinan PT Malea Energy yang bergerak di bidang bisnis Pembangkit Listrik Temaga Air (PLTA).

"Keberadaan calon wakil bupati diyakini akan mempengaruhi hasil akhir di pilkada Tana Toraja nantinya," ujar Anthonius, salah satu pengamat Politik di Tana Toraja

Menurutnya, Victor Datuan Batara bisa menjadi kandidat terkuat di pilkada Tana Toraja jika berpasangan dengan Hansten Allorerung sebagai calon wakil bupati.

Untuk kedua figur ini, mempunyai latar belakang politik yang sudah tak asing di telinga warga kabupaten Tana Toraja.

Victor Datuan Batara saat ini menjabat Ketua DPD Partai Golkar Tana Toraja. Selain itu, Victor juga saat ini merupakan Pimpinan PT Malea Energy, anak perusahaan Kalla Group. Victor Datuan Batara kemungkinan akan mendapat dukungan penuh dari Jusuf Kalla, owner perusahaan Kalla Group. 

Begitu juga Hansten Allorerung yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Perindo kabupaten Tana Toraja, Hansten Allorerung bakal mendapat dukungan kuat dari masyarakat di akar rumput.

Selain itu, Hansten Allorerung yang merupakan adik Theofilus Allorerung yang saat ini menjabat bupati Tana Toraja kemungkinan akan mendapat dukungan penuh dari kakaknya, orang nomor satu di pemerintahan kabupaten Tana Toraja saat ini.

"Dari geopolitik, pasangan Victor Datuan Batara dan Hansten Allorerung sangat ideal. Victor Datuan Batara mewakili wilayah Tallulembangna dan Hansten Allorerung mewakili wilayah Toraja bagian barat," tutupnya.

Sementara itu, Victor Datuan Batara mengakui belum menentukan figur yang akan mendampinginya sebagai calon wakil bupati. Meski begitu, pihaknya intens membangun komunikasi politik dengan semua tokoh-tokoh politik. Termasuk mengadakan komunikasi politik dengan Hansten Allorerung. 

"Saya dan team selalu intens dan hampir setiap hari mengadakan komunikasi politik ke semua figur-figur," kata VDB

Satu figur lainnya yang juga belum lama ini menyatakan akan maju sebagai calon bupati Tana Toraja yakni Zadrak Tombeq selaku Wakil Bupati Tana Toraja sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Tana Toraja.

Menurut Anthonius keberadaan Victor Datuan Batara dan Zadrak Tombeg cukup imbang dalam perkembangan politik terkini di Tana Toraja. 

"Namun kembali lagi pada pertanyaannya, siapa figur calon wakil bupati yang akan mendampingi Victor Datuan Batara nantinya. Menarik untuk diamati," tutupnya.

Penulis: Onix