Segini Kapasitas Produksi Alkes Oxygen Generator di RSUD Lakipadada

Tana Toraja, oketoraja.com- Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Kantor Staf Presiden Bidang Pembangunan Manusia, Brigjen Purn Dr Noch Malisa mengatakan alat kesehatan (Alkes) Oxygen generator yang dimiliki RSUD Lakipadada kabupaten Tana Toraja dapat memproduksi gas oksigen secara mandiri.


Alat itu mampu memproduksi oksigen rata-rata 5 tabung gas per jam dengan ukuran 1 tabung gas 6 meter kubik. Dalam satu hari untuk penggunaan 20 jam, oxygen generator yang ada di RSUD Lakipadada bisa memproduksi oksigen lebih dari 100 tabung gas. 


"Semoga tidak ada lagi kejadian rumah sakit di Toraja kekurangan oksigen medis. Rumah sakit di Toraja juga tidak akan tergantung pada daerah untuk kebutuhan oksigen dalam penanganan keadaan darurat pasien," ujar Jenderal (Purn) Bintang Satu TNI AD itu saat melakukan uji fungsi dan uji kosentrasi Alkes Oxygen Generator di RSUD Lakipadada, Kamis, 24 Agustus 2023.

Brigjen Purn Dr Noch Malisa mengatakan dari ratusan rumah sakit yang ada di Sulawesi Selatan, baru RSUD Lakipadada yang memiliki alkes oxygen generator. 


Dirinya juga menyebut alkes oxygen generator yang ada di RSUD Lakipadada merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan RI dan tidak terlepas dari ide Victor Datuan Batara (VDB). 


"Ada peran Victor Datuan Batara di sini. RSUD Lakipadada satu-satunya rumah sakit di Sulawesi Selatan yang punya oksygen generator awalnya dari ide Victor Datuan Batara," ujar Brigjen Purn Dr Noch Malisa kepada wartawan. (Onix)