Bupati Tana Toraja Hadiri Sosialisasi DAK Pendidikan 2022

 

TANATORAJA, oketoraja.com- Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung membuka kegiatan Sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pendidikan tahun anggaran 2022 kabupaten Tana Toraja. 

Kegiatan yang dihadiri para kepala satuan pendidikan, Yakni, PAUD, SKB, sekolah dasar (SD) dan kepala sekolah menengah pertama  (SMP) sasaran program DAK bidang pendidikan 2022 berlangsung di aula dinas pendidikan kabupaten Tana Toraja, Kamis, 28/4/2022.

Bupati Theofilus mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut untuk menyamakan persepsi tentang perencanaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban dana alokasi khusus bidang pendidikan tahun 2022.

Berbeda dengan tahun lalu, lanjut Theofilus, pelaksanaan DAK Pendidikan tahun 2022 sistem swakelolah. Dimana pelaksaan DAK Pendidikan tahun ini lebih berat dengan tahun 2022 dengan sistem kontraktor atau pihak ketiga.

"Saya harap, pengelolaan dan pelaksanaan DAK Pendidikan tahun 2022 berjalan dengan baik," harap Bupati Theofilus.

Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Erianto L Paundanan yang juga hadir dalam sosialisasi DAK Pendidikan 2022 dalam arahannya mengatakan pengelolaan DAK Pendidikan dengan sistem swakelolah bukan pertama kali dilaksanakan tahun ini. Namun, sudah dilaksanakan beberapa tahun lalu. 

Oleh karena itu, Kajari berharap pelaksanaan DAK Pendidikan tahum 2022 tidak terjadi pelanggaran hukum. Para Kepala Sekolah pengelolah DAK 2022 untuk tertib pengelolaan administrasi. 

"Pengelolaan administrasi masih banyak yang tidak terpenuhi sehingga menjadi kelemahan selama ini. Saya menekankan , para kepala sekolah memperhatikan administrasi dan prinsip-prinsip pengelolaan DAK Pendidikan," jelas Kajari.

Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Tana Toraja, Anthon Toding saat mendampingi Bupati Theofilus Allorerung di kegiatan sosialisasi DAK Pendidikan 2022 menambahkan jumlah satuan pendidikan sasaran program DAK Pendidikan 2022 terdiri dari 5 PAUD, 1 SKB, 46 SD dan 8 SMP. 

Program DAK Pendidikan 2022 untuk kegiatan fisik diantaranya, meliputi rehabilitasi ruang kelas, rehabilitasi sarana belajar mengajar beserta perabot pembangunan jamban sekolah  serta pengadaan buku perpustakaan. (Alex)