Toraja Utara Gelar Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten Tahun 2022 Berhadiah Satu Ekor Kerbau

 

Pj Sekretaris Kabupaten Toraja Utara, Salvius Pasang

TORAJAUTARA, oketoraja.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara siap melaksanakan penilaian lomba kebersihan tingkat kelurahan/lembang dan kecamatan. 

Hal itu diungkapkan Pj Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Toraja Utara, Salvius Pasang sekaligus Wakil Ketua Tim Penilai Lomba Kebersihan Tingkat Kelurahan/Lembang dan kecamatan Kabupaten Toraja Utara Tahun 2022.

"Tahun ini, pemkab Toraja Utara kembali menggelar lomba kebersihan tingkat kelurahan/lembang dan kecamatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Toraja Utara ke-14 dan Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022," ujar Salvius Pasang ditemui di ruang kerjanya di Rantepao, Kamis, 14 April 2022.

Dia mengatakan pemkab Toraja Utara sudah membentuk tim penilai kabupaten lomba kebersihan yang terdiri dari unsur organisasi perangkat daerah (OPD) dan PKK. Saat ini, tim penilai sudah mulai disebar di kelurahan/lembang dan kecamatan untuk melakukan penilaian.

Dalam penilaian ini terdapat beberapa point indikator. Diantaranya, kebersihan fasilitas umum, pelayanan publik seperti puskesmas dan sekolah kantor kelurahan/lembang dan kecamatan serta kebersihan lingkungan secara menyeluruh. 

Guna keabsahan dalam penilaian tersebut penilaian harus benar-benar dilakukan secara real (turun langsung ke lapangan dengan cara acak). Sehingga hasil point yang didapat setiap kelurahan/lembang dan kecamatan  benar-benar real sesuai kondisi di lapangan.

Pengumuman pemenang lomba kebersihan kabupaten Toraja Utara sekaligus pemberian hadiah akan dilaksanakan pada saat Puncak Peringatan HUT Kabupaten Toraja Utara ke-14 tahun 2022. 

"Juara Umum lomba kebersihan tahun ini akan mendapat hadiah satu ekor kerbau. Kelurahan/lembang yang tidak mendapat juara juga akan mendapat hadiah berupa sapu lidi," jelas Salvius yang juga mantan Kepala Dinas Pertanian kabupaten Toraja Utara.

Lomba kebersihan ini, lanjut Salvius, bukanlah siapa yang paling bersih dan siapa pemenangnya. Tapi sebagai motivasi bagaimana kebersihan itu dapat berkelanjutan dan dijaga setiap saat. (Alex)