Masih Misteri, Tiga Bangkai Babi Mengapung di Sungai Sa'dan

Ilustrasi/ internet
Tana Toraja, oketoraja.com- Tiga bangkai babi memgapung di aliran Sungai Sa'dan tepatnya di wilayah Bera kecamatan Makale Selatan kabupaten Tana Toraja, Jumat, 19/5/2023.


Belum diketahui pasti, apakah bangkai babi tersebut berkaitan dengan fenomena African Swine Fever (ASF), sebuah penyakit yang belakangan viral pada babi dan sangat menular.


"Iya, Dek. Awalnya terlihat satu bangkai babi mengapung terbawa arus sungai Sa'dan dan melintas di belakang ruangan saya pada pagi hari. Berselang beberapa jam, terlihat lagi dua bangkai babi mengapung di sungai," ujar Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara melalui pesan singkat Whatsapp


Victor yang juga akrab disapa VDB mengatakan pihaknya tak bisa menduga-duga terkait mengapungnya tiga bangkai babi di aliran sungai Sa'dan tersebut. Namun, jika dihubungkan dengan fenomena African Swine Fever (ASF), pemerintah kabupaten (pemkab) Tana Toraja dan Toraja Utara segera mengambil beberapa langkah-langkah untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ASF yang dapat meluas ke Toraja.


Salah satunya, melakukan pembatasan lalulintas ternak dari daerah lain. Juga melakukan pengobatan pada hewan yang sakit dan pengamanan ternak yang telah mati.


"Untuk penyakit ASF kita tidak bisa menduga-duga. Namun harus ada upaya pemerintah guna mengantisipasi penyebarluasan virus ASF pada ternak babi di Toraja," kata Victor. (Onix)