Kadis Kesehatan Tana Toraja Dampingi Wakil Bupati Terima Sertifikasi Eliminasi Malaria 2023


Tana Toraja, oketoraja.com- Untuk kesekian kalinya, kabupaten Tana Toraja kembali menerima penghargaan tingkat nasional di bidang kesehatan. Kali ini, pemerintah kabupaten Tana Toraja meraih sertifikasi eliminasi malaria tahun 2023.

Bahkan, pkabupaten Tana Toraja satu-satunya kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang meraih sertifikasi tersebut yang diserahkan saat  Puncak Peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) Tahun 2023 di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 15 Juni 2023.

Sertifikasi Eliminasi Malaria 2023 itu diterima oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq didampingi Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja, dr Rudhy Andilolo.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, dr Rudhy Andi Lolo, menyatakan salah satu penilaian kabupaten Tana Toraja mendapat sertifikasi eliminasi malaria 2023 karena dalam tiga tahun terakhir tidak ditemukan kasus penularan (malaria) lokal di wilayah kabupaten Tana Toraja

“Tiga tahun berturut-turut kabupaten Tana Toraja bebas dari penularan lokal,” tegas dr Rudhy.

Selain Tana Toraja, ada lima Provinsi dan 30 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia yang menerima Sertifikat Eliminasi Malaria pada tahun 2023 ini.