Tanamkan Cinta Budaya, Welem Sambolangi Ajak Kaum Milenial Kunjungi Museum

Tana Toraja, oketoraja.com- Ketua DPRD kabupaten Tana Toraja, Welem Sambolangi mengajak siswa sekolah untuk mencintai dan melestarikan kearifan lokal, adat dan budaya Toraja.


Hal itu diungkapkan Welem Sambolangi saat membuka Pameran Museum Buntu Kalando, kecamatan Sangalla kabupaten Tana Toraja, Senin, 31 Juli 2023.


"Luar biasa kehadiran siswa sekolah di pameran Museum Buntu Kalando Sangalla. Ini proses awal yang baik untuk lebih mengenal lebih dekat peradaban budaya dan adat istiadat Toraja," ujar Welem Sambolangi.


Dia mengatakan museum adalah simbol peradaban dan tempat menyimpan, tempat merawat serta tempat mengamankan cagar budaya. Dengan mengunjungi museum, siswa sekolah, orang tua, guru serta masyarakat bisa lebih kenal, lebih bangga, lebih cinta adat dan budaya Toraja.

Welem Sambolangi yang juga Calon Anggota DPR RI Daerah Pemilihan III Sulsel dari Partai Golkar juga memberikan apresiasi kepada Yayasan Passanan Tengko Sangalla yang sampai saat ini tetap konsisten menjaga kelestarian adat dan budaya Toraja dengan meyelenggarakan Pameran Museum Buntu Kalando.


"Dunia boleh berkembang, Toraja boleh maju, masyarakat juga boleh modern, tapi jangan pernah tinggalkan dan lupakan leluhur dan adat budaya Toraja," tegas Welem.


Yayasan Passanan Tengko Sangalla diwakili Stevani Tandi Seru menambahkan Pameran Museum Buntu Kalando Sangalla akan berlangsung 1-5 Agustus 2023.

Hari Pertama, Ratusan siswa sekolah mulai dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA serta Kepala Sekolah dan Guru dari setiap jenjang pendidikan, mahasiswa serta masyarakat umum antusias memgunjungi Pameran Museum Buntu Kalando. (Onix)