Permainan Rakyat Meriahkan Puncak HIMAS AMAN 2023 di Toraja

Kesenian Daerah kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan Dipentaskan di Puncak Peringatan HIMAS AMAN 2023 di Toraja

Tana Toraja, oketoraja.com- Berbagai permainan rakyat tradisional Toraja memeriahkan Puncak Peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) tahun 2023 yang dipusatkan di Kampung Adat Ke'te'kesu',  Kecamatan Kesu', Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Rabu, 9 Agustus 2023.


Permaian rakyat yang dipentaskan dalam puncak kegiatan HIMAS 2023 itu bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa di tengah arus modernisasi yang ada.


"Semua permainan rakyat yang dipentaskan dalam kegiatan ini untuk mengingatkan kita bahwa bangsa ini punya permainan rakyat. Itu mulai hilang dan mungkin sudah jarang dimainkan apalagi oleh anak-anak di masa sekarang," ujar Ketua Panitia HIMAS AMAN 2023 Romba Marannu Sombolinggi.


Selain permainan rakyat, di puncak Peringatan HIMAS AMAN 2023 juga dipentaskan berbagai warisan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti, tari-tarian, kesenian daerah hingga kuliner tradisional.


Puncak Peringatan HIMAS AMAN 2023 yang digelar di Kampung Adat Ke'te'kesu',  Kecamatan Kesu', Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan juga dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara, Dedi Palimbong. (Onix)