Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja Canangkan Imunisasi Rotavirus (RV) Imunisasi Human Papilloma Virus

Tana Toraja, oketoraja.com- Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melaui Dinas Kesehatan menggelar Pencanangan Imunisasi Rotavirus (RV) untuk Bayi umur 2-6 Bulan dan Imunisasi Human Papilloma Virus, untuk anak perempuan berusia 11 tahun di SDN 5 Makale, Rabu, 13 September 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, dr. Rudy Andilolo dalam sambutannya mengatakan pencangan imunisasi Rotavirus dan imunsasi Human Papilloma Virus merupakan upaya pemerintah untuk menjaga anak-anak dari penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia

"Hari ini adalah pencanangan Vaksinasi yang di masukkan dalam program imunisasi Nasional yaitu vaksin rotavirus untuk mencegah diare dan vaksin human papilloma Virus untuk mencegah kanker mulut rahim dan pencanangan imunsasi Human Papiloma Virus yang merupakan upaya pemerintah untuk menjaga anak-anak perempuan lndonesia agar selalu sehat terhindar dari kanker serviks yang merupakan kanker penyebab kematian tertinggi di dunia,” Kata dr. Rudy

Dia menambahkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk mencapai target eliminasi kanker serviks pada tahun 2030 dan salah satu upaya yang dilakukan adalah upaya pencegahan dengan pemberian imunisasi Human Papilloma Virus (HPV).

Sementara, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung yang juga hadir dalam pencangan tersebut mengajak seluruh elemen untuk mensosialisasikan imunisasi tersebut.

"Pemerintah menyadari bahwa sesungguhnya kehesahatan adalah kunci utama kehidupan kita maka dari itu saya mengajak seluruh elemen harus mensosialisasikan, mengajak dan menyampaikan kepada masyarakat kita yang ada di pedesaan betapa pentingnya Vaksin ini. saya minta kepada Camat Lurah, kepala Lembang dan didukung oleh Tim Penggerak PKK supaya bisa menjalankan program ini,” kata Bupati.

Hadiri pula dalam pencangan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Toraja, Yariana Somalinggi Kapolsek Makale dan disaksikan secara virtual oleh Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Tana Toraja.

Penulis: Onix