RSUD Lakipadada Kini Layani Pasien Cuci Darah

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung Meresmikan Penggunaan Perangkat Mesin Cuci Darah di RSUD Lakipadada

Tana Toraja, oketoraja.com- Pemerintah Kabupaten Tana Toraja semakin gencar dalam hal memberikan pelayanan dan kenyaman berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peralatan baru untuk melayani pasien cuci darah (hemodialisa). Menyusuk rumah sakit kebanggaan masyarakat kabupaten Tana Toraja itu kini sudah memiliki fasilitas mesin cuci darah (mesin hemodialisis).

Perangkat mesin cuci darah itu diresmikan penggunaannya oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg di RSUD Lakipadada, Selasa, 14 November 2023.

Hadir dalam kegiatan itu juga, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Toraja yang juga Anggota DPRD kabupaten Tana Toraja, Yariana Somalinggi, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja, Rudhy Andilolo, Direktur RSUD Lakipadada, dr Farma Lelepadang, sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tenaga kesehatan lingkup dinas kesehatan pemkab Tana Toraja.

"RSUD Lakipadada kini sudah memiliki fasilitas mesin cuci darah atau mesin hemodialisis yang bisa menghemat biaya operasional yang dikeluarkan pasien yang ingin cuci darah ke Makassar. Saat ini, RSUD Lakipadada sudah bisa melayani pasien cuci darah," ujar Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja, Rudhy Andilolo.

Peresmian Penggunaan Perangkat mesin cuci darah juga dirangkaikan dengan pencanangan vaksin Hepatitis B bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan kabupaten Tana Toraja.

Pencanangan vaksin Hepatitis B Bagi Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Kabupaten Tana Toraja

"Sasaran vaksin hepatitis B sebanyak 1380 orang tenaga medis yang tersebar di 22 puskesmas dan tiga rumah sakit yang ada di kabupaten Tana Toraja," ujar Rudhy Andilolo.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengatakan penambahan unit pelayanan cuci darah di RSUD Lakipadada untuk lebih meningkatkan pelayanan rumah sakit  kepada masyarakat khususnya di kabupaten Tana Toraja.

Biaya pelayanan cuci darah di RSUD Lakipadada juga gratis karena ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

"Rumah sakit milik pemerintah kabupaten Tana Toraja ini memiliki empat unit mesin cuci darah. Setiap hari mampu melayani pasien cuci darah dalam satu ruangan," ujar Bupati.

Penulis: Onix