Lomba Mebale dan Melendong Meriahkan Lovely Desember 2023

Tana Toraja, oketoraja.com- Pemerintah kabupaten (pemkab) Tana Toraja menggelar lomba mebale (tangkap ikan) dan melendong (tangkap belut) di area persawahan di Mandetek kecamatan Makale Utara, Jumat, 29 Desember 2023.

Lomba mebale dan melendong ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan event pariwisata tahunan bertajuk Lovely Desember 2023. Sekaligus mengajak masyarakat mempertahankan tradisi cara menangkap ikan dan belut secara tradisional melalui tradisi mebale dan melendong.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq. Ikut hadir, Sekretaris daerah (Sekda) dr Rudhy Andilolo, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Tana Toraja, Yariana Somalinggi dan sejumlah Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan staf lingkup pemkab Tana Toraja. 

"Kegiatan mebale dan melendong menjadi potensi wisata yang dimiliki Tana Toraja untuk menarik wisatawan datang ke Tana Toraja. Semakin banyak wisatawan berkunjung, perekonomian masyarakat juga meningkat," ujar Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq.

Zadrak mengatakan, ikan dan belut sangat potensial dibudidayakan di wilayah kabupaten Tana Toraja sebagai sumber gizi dan nutrisi. 

"Dengan mengkomsumsi ikan dan belut secara rutin sangat membantu mengentaskan atau menurunkan angka  stunting di Tana Toraja," kata Zadrak.

Kegiatan lomba mebale dan melendong yang digelar Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, terlihat masyarakat cukup antusias mengikutinya. 


Penulis: Onix