Belajar Pengelolaan BOK, Pansus LKPj DPRD Tana Toraja Kunker ke Kabupaten Gowa

Suasana RDP Komisi III DPRD Bersama Dinas Kesehatan Bahas Biaya Operasinal Kesehatan

Tana Toraja, oketoraja.com- Panitia Khusus (Pansus) DPRD Tana Toraja yang membahas Laporan Keterangan Pertanggungawaban (LKPj) Bupati 2023 melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, 23 April 2024.

Kunjungan kerja tersebut menindaklanjuti hasil rapat dengar pendapat (RDP) pansus LKPj bersama Dinas Kesehatan Tana Toraja terkait Biaya Oeprasional Kesehatan (BOK).

"Kita memilih kabupaten Gowa sebagai daerah kunjungan kerja karena pengelolaan BOK di kabupaten Gowa dinilai cukup baik," ujar Ketua Pansus LKPj Bupati 2023, Kendek Rante.

Dia mengatakan saat RDP antara Pansus LKPj dengan Dinas Kesehatan terungkap sejumlah kendala dihadapi Dinas Kesehatan Tana Toraja dalam pengelolaan BOK tahun 2023 di dinas kesehatan. Diantaranya penyerapan anggaran dan pelaporan realisasi anggaran yang belum maksimal

Menurutnya, anggaran BOK bersumber dari pemerintah pusat langsung ke rekening puskesmas. Untuk penggunaan anggaran BOK harus sesuai dengan petunjuk teknis.
Meski begitu, di akhir tahun 2023, anggaran BOK untuk kabupaten Tana Toraja tidak terealisasi 100 persen.

Begitu pula dengan pelaporan, terdapat perbedaan data antara Dinas Kesehatan dengan puskesmas

"Kami ingin mendapat masukan dan data dari pemerintah kabupaten Gowa cara mengelolah BOK sehingga bisa diterapkan di Tana Toraja sekaligus menyempurnakan pembahasan LKPj Bupati 2023," katanya.

Penulis: Onix