Dinas Kesehatan Tana Toraja bersama Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI Gelar Talkshow Remaja Sehat Ceria

 

Tana Toraja, oketoraja.com- Dinas Kesehatan Tana Toraja bersama Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI menggelar Thalksow bertajuk “Remaja Sehat Ceria” yang berlangsung di Gedung Tammuan Mali’ Makale, Kamis, 8 Juni 2023.


Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pemahaman serta mendorong peran serta masyarakat baik lintas program dan lintas sektor akan pentingnya kesehatan jiwa.


Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Yariana Somalinggi dan Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja dr. Rudi Andilolo, Tokoh masyarakat, tokoh pendidik, tokoh agama dan disambut antusias ratusan pelajar dan mahasiswa.


Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam sambutannya berharap kegiatan ini menjadi satu upaya promotif dan prepentif dalam rangka memberi penguatan kepada anak-anak remaja agar tidak selalu putus asa dalam menghadapi tantangan dan permasalahan hidup yang ada.


Theofilus menguraikan, banyaknya kasus bunuh diri yang melibatkan remaja disebabkan karena ketidakmampuan menguasai diri. Sehingga peserta yang hadir ini diharapkan bisa kembali ke rumah nantinya menjadi “virus” untuk menyebar kebaikan dalam keluarga maupun lingkungan disekitar terlebih bagi teman-teman sekolah bahwa hidup ini harus selalu bersyukur dan harus selalu ceria.

 

Theofilus juga berpesan agar remaja Toraja harus bijak dalam bermedia sosial. “Bila perlu, bermedia sosial untuk kebutuhan pembelajaran saja,” tegasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr. Rudi Andilolo menyampaikan pesan pentingnya asupan gizi bagi remaja, khususnya dalam hal kecukupan zat besi karena hal itu berdampak pada koognitif atau pola pikir anak yang terbawa hingga usia dewasa.


Sejalan dengan itu, Dinas Kesehatan Tana Toraja membuat program yang mengharuskan pelajar mengonsumsi tablet penambah darah yang disalurkan oleh Dinas Kesehatan.