Gubernur Sulsel Hadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Tana Toraja Peringati Hari Jadi Toraja Ke-776 dan HUT Kabupaten Tana Toraja Ke-66

ADVETORIAL

Tana Toraja, oketoraja.com- DPRD kabupaten Tana Toraja melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Tana Toraja ke-66 dan Hari Jadi Toraja ke-776 yang digelar di Lapangan Ulusalu, kecamatan Saluputti, Kamis, 31 Agustus 2023.


Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi bersama Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq, Wakil Ketua DPRD Tana Toraja, Evivana Rombedatu dan Yohanis Lintin Paembongan

Peringatan HUT Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja tahun ini juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Bupati dan Wakil Bupati serta Sekretaris daerah kabupaten Toraja Utara, Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja, unsur Forkopimda, OPD, Wakil Bupati Tana Toraja periode 2016-2021, Victor Datuan Batara dan Walikota Makassar dua periode (2004–2009 dan 2009–2014) Ilham Arief Sirajuddin.

Hadir juga Camat/Lurah dan Kepala Lembang, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan undangan lainnya. 


Pimpinam Sidang Istimewa DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi mengucapkan selamat Hari Jadi Toraja ke-776 dan HUT kabupaten Tana Toraja ke-67 kepada seluruh lapisan masyatakat dan pemerintah kabupaten Tana Toraja dibawah pimpinan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeq yang mengusung visi misi Tana Toraja Bangkit, Tangguh dan Produktif Menyongsong Tatanan Hidup Baru

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung

Sementara itu Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengatakan tema Hari Jadi Toraja Ke-776 dan HUT kabupaten Tana Toraja Ke-66 "Budaya Kuat, Tana Toraja Maju".


Menurut Theofilus, Toraja dikenal karena budayanya, orang Toraja menjadi hebat karena budayanya. Oleh karena itu, masyarakat Toraja harus bangga dan terus melestarikan budaya yang ada.

Gubernur Sulawesi Selatan

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan sejak tahun 2018 hingga 2023 tidak pernah absen di setiap perayaan HUT Tana Toraja.


Sejak dilantik sebagai Wakil Gubernur Sulsel tahun 2018 dan dilantik sebagai Gubernur Sulsel 2022 lalu, anggaran pemerintah provinsi Sulawesi Selatan yang dikucurkan ke Tana Toraja sekitar Rp320 miliar.


"Anggaran untuk Tana Toraja yang dikucurkan pemerintah provinsi Sulsel, tertinggi ketiga di kabupaten/kota se Sulsel," ujar Andi Sudirman Sulaiman. 

Penyerahan CSR Bank Sulsel

Dalam acara ini juga, Gubernur Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan CSR (Corporate Sosial Responsibility) dari Bank Sulsel berupa kendaraan operasional motor, penyerahan hibah Pengurus Gereja dari Gubernur Sulawesi Selatan kepada Bupati Tana Toraja senilai Rp 380 juta.


Dilanjutkan penandatangan prasasti Pembangunan Jalan dan Jembatan Ruas Buakayu-Bau/Ollon oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

Perayaan Hari Jadi Toraja ke-776 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke-66 juga dimeriahkan pementasan seni dan budaya Toraja serta penyerahan hadiah bagi juara lomba HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang digelar pemkab Tana Toraja. (Adv)