RSUD Lakipadada Miliki Oksygen Generator Terbesar di Sulsel, Brigjen Purn Dr Noch Malisa: Itu Ide VDB

Tana Toraja, oketoraja.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada kini sudah mampu memproduksi sendiri oksigen di rumah sakit secara langsung guna menjamin keberadaan oksigen akan terus ada pada saat dibutuhkan pasien.


Bahkan, RSUD Lakipadada merupakan satu-satunya rumah sakit di Sulawesi Selatan yang memiliki oksygen generator.


Hal itu diungkapkan Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Kantor Staf Presiden Bidang Pembangunan Manusia, Brigjen Purn Dr Noch Malisa saat melakukan uji fungsi dan uji konsentrasi oksigen yang dihasilkan oksygen generator RSUD Lakipadada.

Brigjen Purn Dr Noch Malisa juga menyebut bantuan oksygen generator untuk RSUD Lakipadada dari Kementrian Kesehatan RI tidak terlepas dari ide Victor Datuan Batara


"Ada peran Victor Datuan Batara di sini. RSUD Lakipadada satu-satunya rumah sakit di Sulawesi Selatan yang punya oksygen generator awalnya dari ide Victor Datuan Batara," ujar Brigjen Purn Dr Noch Malisa kepada wartawan.


Jenderal Bintang Satu  TNI AD itu pun memuji Victor Datuan Batara  sebagai putra daerah Toraja yang punya kepedulian besar untuk daerahnya.  Victor yang  akrab disapa VDB dimata Brigjen Purn Dr Noch Malisa adalah orang yang cerdas dan punya ide-ide cemerlang.


"Pak Victor ini pangkatnya AKBP tapi idenya sekelas Jenderal. Berkat ide  VDB, kini  RSUD Lakipadada tidak akan lagi kekurangan oksigen lagi," ujar Brigjen Purn Dr Noch Malisa.


Diketahui, Oksyge generator adalah solusi tepat bagi rumah sakit untuk mengantisipasi kelangkaan gas tabung oksigen pada keadaan darurat dan sebagai upaya menyelamatkan pasien. (Onix)