Atlet Kick Boxing Tana Toraja Wakili Sulsel di PON 2023, Indra Batara Cetak Sejarah Baru Bagi Dunia Olahraga Toraja

Asprianti Amba Datu lolos ke BK PON 2023 mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada cabang olahraga Kick Boxing yang digelar di Bogor, 19-22 Oktober.
Makale, Tana Toraja, oketoraja.com- Bakal calon Ketua Komite Olaraga Nasional Indonesia (Koni) kabupaten Tana Toraja, Indra Batara kembali menjadi perhatian para pelaku olahraga di Toraja.

Belum lama ini, Indra Batara selaku leader Forum Pasemba Toraja mencetak sejarah baru bagi dunia olahraga khususnya cabang olahraga (cabor) bela diri Kick Boxing Indonesia Pengkab Tana Toraja yang juga adalah bagian dari Forum Passemba Toraya.

Satu atlet putri binaan atas nama Asprianti Amba Datu lolos ke BK PON 2023 mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada cabang olahraga Kick Boxing yang digelar di Bogor, 19-22 Oktober.

Asprianti yang sering dipanggil Aspin adalah Putri Toraja dari kecamatan Makale Selatan yang saat ini kuliah di UNM Fakultas Ilmu Keolahragaan. 

Selama ini Aspin berlatih di Dojang Tongkonan (Gedung Pemusatan Latihan Swadaya Passemba Toraya) di Mengkendek dan selanjutnya dibina khusus di lokasi TC Pengprop KBI Sulsel. 
Atlet cabang olahraga (cabor) bela diri Kick Boxing Indonesia Pengkab Tana Toraja yang juga adalah bagian dari Forum Passemba Toraya.

Indra Batara yang juga Ketua KBI mengatakan lolosnya Aspin mewakili Sulsel di BK PON 2023 merupakan torehan sejarah yang luar biasa dan menjadi motivasi bagi semua atlet yang ada di Tana Toraja bahwa siapapun bisa untuk meraih cita citanya. 

Aspin telah membuktikan dengan segala upaya dan usaha dapat bertarung dari seleksi tingkat daerah dan terpilih masuk dalam Porprov dan bisa sukses sampai kasta tertinggi Nasional BK PON di tahun ini.

"Semoga ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi semua Atlet agar ke depannya jangan mewakili Kabupaten/Propinsi lain. Putra Putri Toraja harus bisa mengangkat nama daerahnya sendiri. Kita punya sumber daya dan dengan kolaborasi yang hebat dari pemerintah lintas sektor dan semua Stakeholder Olahraga pasti maju di kabupaten Tana Toraja yang kita cintai bersama," ujar Indra Batara yang juga akan maju pada pencalonan Ketua Koni kabupaten Tana Toraja periode 2023-2027.

Penulis: Onix