Pansus LKPj DPRD Tana Toraja Gelar Rakor Bersama Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas

Suasana Rapat Koodinasi Antara Pansus LKPj, Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas

Tanatoraja, oketoraja.com- Panitia Khusus (Pansus) DPRD Tana Toraja yang membahas LKPj Bupati tahun 2023 menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas se kabupaten Tana Toraja, Kamis, 25 April 2024

Rapat koordinasi yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Tana Toraja itu dipimpin Ketua Pansus LKPj Bupati 2023, Kendek Rante didampingi sejumlah tim pansus lainnya.

Salah satu topik pembahasan dalam rapat koordinasi itu yakni, rencana penerapan Badan Layanan Umum (BLU) di seluruh puskesmas yang ada di kabupaten Tana Toraja.

"Ya benar, ada wacana seluruh puskesmas menjadi BLU seperti yang sudah diterapkan di RSUD Lakipadada," ujar Ketua Pansus LKPj Bupati 2023, Kendek Rante.

Menurutnya, sistem BLU salah satu solusi guna meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas. Pasalnya, semua pengelolaan anggaran di puskesmas dilakukan sendiri oleh puskesmas dan tidak lagi melalui pemerintah kabupaten maupun dinas kesehatan.

Opsi tersebut diharapkan untuk segera mendapat perhatian pemerintah daerah agar BLUD puskesmas setidaknya bisa direalisasikan tahun depan mengingat tugas fungsi puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat dalam peningkatan mutu hidup sehat dan pelayanan menyeluruh di wilayahnya.

”Jadi kalau puskesmas sudah BLUD, puskesmas sendiri yang akan kelolah anggarannya. Jadi istilahnya puskesmas bisa mandiri," kata Kendek Rante.

Legislator Partai Golkar itu berharap sistem BLUD di setiap puskesmas yang ada di Tana Toraja sudah bisa diterapkan tahun depan. Hanya saja, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) yanf ada di puskesmas lebih ditingkatkan.

Penulis: Onix